Info Sekolah
Sabtu, 01 Okt 2022
  • SELAMAT DATANG di SMP Negeri 2 Sentani Kabupaten Jayapura

4 Cara menanam cabe yang mudah dilakukan

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

 Cabe merupakan salah satu jenis buah yang yang sering digunakan untuk melengkapi cita rasa masakan. Tak hanya membuat makanan terasa lebih lezat, cabe juga memiliki banyak manfaat. Cara menanam cabe yang mudah membuat Anda tak perlu kesulitan untuk mendapat manfaat cabe.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cabe mengandung banyak vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin C, vitamin A, potassium, vitamin B6, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, cabe juga memiliki banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Semua nutrisi tersebut memberikan dampak baik bagi tubuh. Misalnya, cabe bisa Anda konsumsi agar berat badan turun, apalagi jika Anda menerapkan pola hidup sehat lainnya. Healthline juga mengatakan bahwa mengonsumsi cabe dalam porsi yang tepat mampu meredakan sakit asam lambung.

Selain itu, mengonsumsi cabe juga bermanfaat untuk menghentikan diare, menurunkan resiko kanker, dan meredakan nyeri. Agar tak kesulitan untuk mendapatkan cabe, cara menanam cabe berikut ini bisa Anda coba sendiri di rumah. Tak perlu khawatir, caranya mudah, kok.

Siapkan Biji

Melansir dari Instructables (instructables.com), hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan biji cabe yang akan ditanam. Sebarkan biji cabe di serbet terlebih dahulu. Setelah itu, semprotkan air pada biji dan lipat serbet.

Anda bisa membiarkan serbet yang berisi cabe sekitar seminggu dengan meletakkannya di tempat yang hangat dan lembab. Selama waktu tersebut, pastikan untuk tetap menyemprotkan air agar kelembaban biji cabe terjaga.

Selain cara menanam cabe tersebut, ada langkah memulai lainnya yang bisa Anda coba. Caranya adalah dengan langsung menanam biji cabe di tanah sedalam kurang lebih 2 hingga 3 cm. Anda bisa menyiramnya dua hari sekali. Selama seminggu, biji cabe akan berkecambah.

Pastikan untuk tidak meletakkan biji cabe yang sudah ditanam dalam tanah di tempat yang terpapar banyak sinar matahari dan terkena angin kencang. Saat menanam cabe, usahakan untuk menggunakan sarung tanga. Tujuannya agar tangan Anda terlindungi dari sensasi terbakar akibat cabe.

Proses Berkecambah

Anda perlu mencampur tanah dengan sedikit pupuk kompos agar kebutuhan cabe untuk berkecambah terpenuhi. Meski memerlukan kondisi tanah lembab, tapi usahakan untuk tidak menyiram cabe secara berlebihan.

Setelah ditanam selama tujuh hingga 10 hari, daun cabe akan mulai tumbuh di permukaan tanah. Usahakan untuk menjemur tanaman cabe di bawah paparan sinar matahari selama empat hingga enam jam setiap hari

Tanaman Mulai Berbunga

 

Saat tanaman tumbuh mencapai 8 hingga 10 inch (atau setelah ditanam selama 1-1.5 bulan), tanaman cabe akan mulai memiliki bunga. Instructables mengatakan bahwa bunga akan bertahan selama 7-10 hari lalu jatuh dan digantikan dengan buah cabe.

Tunggu Cabe Siap Dipanen

Cara menanam cabe yang terakhir adalah dengan memanennya.

Cara menanam cabe yang terakhir adalah dengan memanennya.

Cara menanam cabe yang terakhir adalah menunggu buah cabe siap untuk dipanen. Anda bisa memetik cabe saat berukuran 5-7 cm. Anda bisa menunggu lebih lama jika ingin mendapat cabe dengan rasa yang lebih pedas.

Post Terkait

Membuat Token Soal Ujian

Kamis, 15 Apr 2021

Automagical Form

Minggu, 11 Apr 2021

AKSI 2019

Kamis, 1 Apr 2021

Pentas Seni

Rabu, 31 Mar 2021